Manfaat Daging Babi bagi kesehatan tubuh

 In Blog

Manfaat Daging Babi bagi kesehatan tubuh – Manfaat daging adalah sebagai salah satu sumber makanan sehat bagi makhluk hidup, khususnya bagi hewan berjenis omnivora (pemakan segalanya) termasuk manusia serta karnivora (pemakan daging). Daging berasal dari berbagai jenis hewan sehingga disebut juga sebagai sumber protein hewani. Daging babi terkenal karena rasanya yang gurih dan nikmat. Jika diolah dengan kecap maupun dipanggang oleh spesialis babi yang tepat, daging ini selalu memberikan kenikmatan tersendiri. Hal ini tak lepas dari kandungan protein daging babi yang melimpah, begitu juga dengan nutrisi lainnya. Dari sisi nutrisi, daging babi mengandung protein yang tinggi dan kaya banyak vitamin dan mineral, daging babi tanpa lemak bisa menjadi tambahan yang sangat baik untuk diet sehat.

Nutrisi pada daging babi, Babi merupakan makanan berprotein tinggi dan mengandung banyak lemak. Satu porsi 3,5 ons (100 gram) daging babi giling yang dimasak memberikan nutrisi: Kalori: 297, Air: 53%, Protein: 25,7 gram, Karbohidrat: 0 gram Gula: 0 gram, Serat: 0 gram, Lemak: 20,8 gram.

Manfaat daging babi untuk kesehatan

Nutrisi yang beragam diatas membuat daging babi berkhasiat untuk kesehatan dengan cara pengolahan yang benar. Apa sajakah manfaat daging babi tersebut?

1. Menjaga massa otot

Protein yang ada dalam daging babi berguna dalam menjaga massa otot Anda. Apa pentingnya massa otot bagi kesehatan? Massa otot akan berkurang seiring bertambahnya usia. Kondisi ini disebut dengan sarcopenia, yang mulai terjadi sejak usia 30an.Saat massa otot menyusut, fungsi tubuh juga akan menurun sehingga gerakan maupun stamina menjadi lemah. Akibatnya, risiko terkena cedera pun akan meningkat. Lebih lanjut, massa otot yang baik terkait dengan umur panjang. Jadi, mengonsumsi daging babi atau makanan kaya protein lainnya dapat memastikan kecukupan asupan senyawa ini dalam tubuh Anda serta membantu meminimalkan hilangnya massa otot. Inilah yang menjadi salah satu manfaat daging babi untuk kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan performa olahraga

Manfaat daging babi tak lepas dari nutrisi taurine, creatine, dan beta-alanine di dalamnya. Ketiga zat ini diyakini mampu mengurangi kelelahan serta meningkatkan performa olahraga. Bagi Anda yang sering cepat lelah saat beraktivitas fisik atau berolahraga, Anda mungkin bisa mencoba menyertakan daging babi ke dalam asupan sehari-hari untuk mendapat manfaat daging babi satu ini.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat daging babi tanpa lemak bisa sama baiknya untuk kesehatan seperti daging sapi atau daging ayam tanpa lemak. Studi tertentu menunjukkan bahwa mengonsumsi daging babi tanpa lemak mampu mengurangi lemak tubuh serta memperbaiki kesehatan jantung.

Kandungan protein babi, layaknya semua daging, daging babi sebagian besar terbuat dari protein. Kandungan protein daging babi tanpa lemak, dimasak sekitar 26% dari berat segar. Saat kering, kandungan protein daging babi tanpa lemak bisa setinggi 89% – menjadikannya salah satu sumber protein paling banyak. Apabila dijabarkan lagi, daging babi mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Lemak babi,┬áDaging babi mengandung berbagai jumlah lemak. Proporsi lemak dalam daging babi biasanya berkisar 10-16% (2) tetapi bisa jauh lebih tinggi tergantung pada tingkat pemangkasan dan faktor lainnya. Lemak babi yang diklarifikasi – disebut lemak babi – terkadang digunakan sebagai lemak untuk memasak. Seperti jenis daging merah lainnya, daging babi terdiri dari lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Sebagai contoh, satu porsi 3,5 ons (100 gram) paket daging babi matang yang dimasak mengandung: 7,7 gram jenuh 9,3 gram tak jenuh tunggal 1,9 gram lemak tak jenuh ganda. Komposisi asam lemak babi sedikit berbeda dari daging hewan ruminansia, seperti daging sapi dan domba. Sedangkan, asam linoleat terkonjugasi (CLA) sangat rendah dibanding lemak tak jenuh.

Vitamin dan mineral, Babi adalah sumber vitamin dan mineral, termasuk:

Tiamin. Tidak seperti jenis daging merah lainnya, seperti daging sapi dan domba, babi sangat kaya akan tiamin – salah satu vitamin B yang penting dalam berbagai fungsi tubuh.

Selenium. Daging babi kaya akan selenium. Sumber terbaik mineral esensial ini adalah makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, makanan laut, telur, dan produk susu.

Seng. Mineral penting dan berlimpah dalam daging babi. Seng sangat penting untuk otak dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B12. Hampir secara eksklusif ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan.

Vitamin B12 penting untuk pembentukan darah dan fungsi otak. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia dan kerusakan neuron.

Vitamin B6. Penting untuk pembentukan sel darah merah. Niasin. Salah satu jenis vitamin B, niacin atau vitamin B3, membantu mengoptimalisasi fungsi dalam tubuh dan penting untuk pertumbuhan dan metabolisme.

Fosfor. Berlimpah dan umum di sebagian besar makanan, fosfor sangat diperlukan oleh mereka yang sedang diet. Ini penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Besi. Daging babi mengandung lebih sedikit zat besi daripada domba atau sapi. Namun, penyerapan zat besi daging (heme-iron) dari saluran pencernaan sangat efisien, dan daging babi dapat dianggap sebagai sumber zat besi yang luar biasa.

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search